aa

Jumat, 07 Agustus 2015

Diet Mayo 13 Hari Bisa Turunkan Berat Badan Sampai 8kg?

 
Beberapa hari ini kok kayaknya para gadis-gadis pada heboh dengan diet mayo 13 hari ya, sebelumnya aku juga tidak begitu ngeh ini diet macam apa lagi. Berhubung penasaran dengan beberapa testimoni yang tak lihat di Sosial Media dimana para gadis-gadis tersebut pada ngliatin foto timbangan akhirnya mulai deh cari sana sini.
Setelah baca sana sini dan mulai paham dengan yang dimaksud diet mayo ini, akhirnya saya buat rangkuman dan tangannya langsung gatel buat sharing mengenai bagaimana seseorang bisa menurunkan berat badan sampai 8 kg walaupun makannya tetap 3 kali sehari ditambah dengan minum minimal 8 gelas perhari kayak iklan di tv, hehehe.

1. Diet Mayo itu Apa?
Oke, langsung saja saya akan membahasnya dalam bentuk tanya jawab aja, diet mayo itu ternyata diet yang dilakukan dengan cara mengurangi konsumsi garam pada kehidupan sehari-hari. Pantangan lain dalam diet ini adalah es maupun air es, jadi kalau anak kos-kosan yang biasanya beli air es harus ganti dengan air putih biasa dulu dan usahakan kayak iklan di tv minimal 8 gelas air putih sehari. Kalau bagiku sih tanpa air es gak masalah tapi kalau tanpa garam kok kayaknya seperti dangdut tanpa goyang dah, upps keceplosan. Pantangan mengonsumsi garam dan air es harus dikombinasikan dengan menu khusus yang dipersiapkan selama 13 hari.
Diet mayo ini diperkenalkan oleh mayoclinic.com, sebuah portal kesehatan yang cukup ternama di Amerika Serikat. Mayo Clinic telah melakukan beberapa penelitian dan studi bahkan sampai menerbitkan bukunya untuk mengenalkan diet dan pola makan yang sehat terutama bagi yang memiliki berat badan berlebih.

2. Kalau Pantangan Garam dan Air Es Dilanggar Gimana?
Lhah belum sampai membahas menu diet mayo kok sudah mau melanggar pantangan tersebut. Kalau pantangan tersebut kamu langgar ya namanya bukan lagi diet mayo. Berhubung diet ini dilakukan cuma 13 hari saya harapkan kamu mencoba untuk menjalani dulu aja, tapi ingat kalau diet ini harus dilaksanakan full 13 hari tanpa bolong-bolong. Misalnya ditengah jalan kok kamunya tergoda dengan kenikmatan garam dan air es ya berarti ulangi diet dari awal lagi, lho kok gitu? lha mayo clinic sendiri yang bilang kayak gitu.

3. Menu Makanan Diet Mayo Itu Seperti Apa?
Nah setelah kamu sudah memutuskan untuk berani menghindari pantangan diatas, saatnya membahas mengenai menu makanan yang dianjurkan untuk program ini. Menu diet mayo ini digunakan untuk 13 hari berturut-turut, kabanyakan orang bilang bahwa pola makanan ini hanya untuk 1 tahun sekali, tapi walaupun begitu kamu bisa menggunakannya sebagai long-term weight control dengan menambahkan asupan gizi dan kandungan lain yang diperlukan oleh tubuh. Jadi pola ini bisa dilanjutkan untuk hari-hari selanjutnya toh ini bukan diet yang berbahaya, namun tentu saja tubuh kamu memerlukan tambahan gizi dan kalori yang cukup. Berikut ini daftar menu yang bisa kamu gunakan:
Menu Hari Pertama dan Kedelapan

Pagi : Secangkir kopi / teh ditambah 1 sdm gula rendah kalori
Siang : 2 Kentang rebus + 1 ikat bayam rebus + 1 tomat + 2 telur rebus
Malam : 1,5 ons daging sapi goreng / ikan bakar + selada yang dikasih perasan jeruk lemon

Menu Hari Kedua dan Kesembilan

Pagi : Secangkir kopi/teh + 1 sdm gula rendah kalori
Siang : 1,5 ons daging sapi goreng/ikan bakar + selada + 1 buah segar + 2 kentang rebus
Malam : 2,5 ons ayam kukus + 1 buah pisang

Menu Hari Ketiga dan Kesepuluh

Pagi : Secangkir kopi/teh + 1 sdm gula rendah kalori
Siang : 2 Kentang rebus + tumis bayam/kangkung + 1 buah segar + 1 tomat
Malam : 2,5 ons ayam kukus + selada yg diperasi lemon + 1 buah pisang

Menu hari Keempat dan Kesebelas

Pagi   : Secangkir kopi/teh +1 sdm gula rendah kalori + 1 roti tawar
Siang : 1 telur rebus + 1 wortel rebus + keju + 1 buah segar
Malam: 1 mangkok pepaya diperasi lemon + segelas susu non fat

Menu Hari Kelima dan Keduabelas

Pagi     : Secangkir kopi/teh manis + 1 parutan wortel yang diperasi lemon
Siang   : 2,5 ons ayam kukus + saos+ mentega + 2 kentang rebus
Malam : 1,5 ons bistick goreng + selada + bayam rebus

Menu Hari Keenam dan Ketigabelas

Pagi : Secangkir kopi/teh manis + seiris roti bakar
Siang : 2,5 ons ayam kukus + selada yg diperasi lemon + 2 kentang rebus + 1 buah segar
Malam : 2 telur rebus + parutan kasar 1 wortel besar yg diperasi lemon

Menu hari Ketujuh

Pagi : Secangkir kopi/teh manis
Siang : 1,5 ons bistick + 1 buah segar + 2 kantang rebus
Malam : 2 pisang + 2 telur rebus

Dari beberapa menu diatas sebenarnya tidak ada yang menjadi masalah bagi saya atau mungkin juga bagi temen-temen. Ya karena memang sehari-hari makannya seperti itu meskipun tidak teratur, tantangan yang harus dihadapi selain menjaga pola makan sesuai dengan menu 13 hari adalah tidak adanya garam sebagai penambah rasa. Kalau kentang rebus dan wortel rebus sih biasanya tanpa garam juga gak papa, tapi anda juga harus membiasakan makan daging sapi goreng / ikan goreng tanpa garam

4. Apakah Diet Mayo Berbahaya?

Karena bahan makanan dalam diet mayo kabanyakan dari sayur dan buah, hal ini tidak berbahaya. Sayur dan buah bisa membantu tubuh untuk mengeluarkan racun yang berada didalam tubuh. Pengurangan konsumsi garam juga memiliki manfaat untuk mencegah kanker lambung, batu ginjal dan obesitas. Saya juga menyarankan setelah selesai 13 hari kamu perlu memberikan asupan gizi tambahan namun tidak berlebih untuk tetap menjaga kebugaran tubuh, selain itu olahraga juga diperlukan untuk membantu program diet mayo 13 hari ini.

0 komentar: