aa

Kamis, 16 Januari 2014

Pengertian dan Contoh Text Hortatory Exposition



PENGERTIAN TEXT HORTATORY EXPOSITION
Text Hortatory Exposition adalah teks yang menjelaskan sebuah teori atau masalah secara komprehensif dengan tujuan mendorong orang lain melakukan atau tidak melakukan sesuatu.



GENERIC STRUCTURE TEXT HORTATORY EXPOSITION
1. Thesis atau General Statement
Thesis atau general statement berisi pernyataan pembuka mengenai topik pembahasan.
2. Arguments atau Pendapat
Arguments atau Pendapat berisi berbagai pembahasan lanjutan dari thesis statement secara lebih detail. Akan lebih baik jika argument atau pendapat ini tidak hanya berisi pendapat pribadi penulis saja tapi juga bisa berisi pendapat para pakar.
3. Recommendation
Recommendation atau suggestion atau ajakan ,berisi saran penulis tentang topik pembahasan.
 
Setelah Tahu apa itu Text Hortatory Exposition , kali ini akan aku berikan contoh Text Hortatory Exposition yang kebetulan asli buatanku sendiri . Text Hortatory Exposition ini aku buat karena mendapat tugas dari Ibu Guru .


VERSI INDONESIA
JANGAN MEROKOK
Jangan merokok,karena akan mengganggu kesehatan. Didalam rokok terdapat kurang lebih 4.000 zat berbahaya. Dengan begitu menghabiskan sepuntung rokok saja,berarti memasukkan kurang lebih 4.000 racun kedalam tubuh. Tembakau adalah penyebab banyak penyakit. Tidak hanya jantung,stroke dan penyakit paru-paru, tetapi juga kandung kemih dan kanker pankreas. Di Amerika ada sekitar 400.000 orang meninggal setiap 80 detik karena tembakau.
Memang sulit untuk berhenti merokok karena nikotin adalah adiktif kuat. Ketika orang berhenti merokok mereka sering mengalami gejala penarikan diri dari nikotin klasik,seperti kecemasan,mudah tersinggung,sakit kepala, dan depresi.
Jadi apakah anda ingin merokok ? . Lihat fakta sebelum anda mencoba. Jadi kalau anda bukam perokok,jangan pernah memulainya.
                                                                                                                                                                              

VERSI INGGRIS
Do Not Smoke
Do not smoke, because will distract your health. Inside the cigarette,is found about 4.000 hazardous subtances. So spend a cigarette alone,means entering about 4.000 toxins into the body. Tobacco is the cause of many diseases. Not only heart disease , stroke, and lung disease,but also the bladder,and pancreation cancer. In Amerika there are approximately 400.000 people die each year. That means there is one person dies every 80 seconds because tobacco.
It's hard to quit smoking because nicotine is a powerfull addictive. When people quit smoking they often experience symptoms at nicotine withdrawal classic. Such as anxiety,irritability,headachds,and depression.
So if you want to smoke,look at thew facts before you try. So if you are not a smoker,do not ever start.



0 komentar: